Ada Lagi Gajah Mati di Aceh

Bribunsumut.com-Kasus kematian gajah kembali terjadi di Provinsi Aceh. Seekor gajah Sumatera ditemukan mati di kebun warga di Gampong Lhok Glumpang, Kecamatan Setia Baksi, Kabupaten Aceh Jaya.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, bangkai gajah tersebut ditemukan sudah dalam keadaan rusak. Bangkai gajah ditemukan warga dan dilaporkan pada Kamis pagi, 2 November 2017.

“Siangnya, tim BKSDA, personel polsek, dan Koramil serta CRU Sampoinet, berangkat menuju lokasi temuan gajah mati,” ucap Sapto, di Banda Aceh, Jumat (3/11/2017), dilansir Antara.

Berdasarkan hasil pemeriksa lapangan, menurut dia, gajah tersebut berjenis kelamin betina. Usia diperkirakan 10 tahun. Perkiraan kematian berkisar tiga hingga empat minggu sebelum bangkai gajah ditemukan.

Sapto Aji menyebutkan, di bangkai gajah ditemukan satu caling sepanjang 29 centimeter, diameter pangkal caling 3,5 centimeter dengan ujungnya dua centimeter.

“Kondisi bangkai gajah saat ditemukan sangat memprihatinkan. Tidak ditemukan sisa kotoran gajah yang bisa dianalisis. Di sekitar temuan bangkai, tidak ditemukan sisa racun, pupuk, dan lainnya,” kata dia.

Sapto menambahkan, lokasi temuan bangkai gajah adalah datar dan berumput. Ada kemungkinan besar, kematian gajah karena sebab tidak wajar.

Tim BKSDA pun melakukan visum guna memastikan penyebab kematian gajah Sumatera tersebut. “Kami juga membuat laporan kepolisian ke Polsek Setia Bakti, Aceh Jaya, untuk pengusutan lebih lanjut,” Sapto Aji Prabowo memungkasi.