‘Babi Terjelek’ di Dunia Tertangkap Kamera di Hutan Indonesia

Tribunsumut.com-Sebuah gambar mengabadikan ‘babi terjelek’ di dunia tengah berkeliaran di hutan Indonesia. Babi ini diyakini berada di ambang kepunahan.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (6/1/2018), babi kutil (Sus verrucosus) merupakan spesies endemik dari Pulau Jawa. Untuk kelamin jantan, dapat terlihat dari kutil besar di bagian muka.

Spesies babi kutil telah merosot sejak awal 1980 karena hilangnya luas hutan di wilayah Jawa. Nah, kali ini periset asal Inggris dan Indonesia memasang perangkap kamera di sebuah hutan di Jawa.

'Babi Terjelek' di Dunia Tertangkap Kamera di Hutan Indonesia
‘Babi Terjelek’ di Dunia Tertangkap Kamera di Hutan Indonesia

Tujuan dari penelitian ini adalah meminta dibuatnya UU perlindungan terhadap spesies babi kutil. Sebab, keberadaan babi kutil dinilai belum dilindungi payung hukum di Indonesia.

Menurut koordinator program Pertanian Chester Zoo di Asia Tenggara, Johanes Rode-Margono, babi ini memiliki tiga pasang kutil di bagian muka. Karakteristik inilah yang menyebabkan spesies ini dijuluki ‘babi terjelek’ di dunia.

“Jantan memiliki tiga pasang kutil besar di wajah mereka,” kata Johanes.

“Karakteristik inilah yang menyebabkan mereka diberi label dengan sebagai ‘babi paling jelek di dunia’ tapi, yang pasti bagi kita dan peneliti kita, mereka agak cantik dan mengesankan,” imbuhnya.