Bayi Monyet di Thailand Mati Gara-gara Overdosis Kafein

Tribunsumut.com-Monyet nakal yang suka mencuri memang menyebalkan. Sial bagi bayi monyet di Thailand ini, ia mati overdosis kafein setelah minum kopi yang dicurinya.

Macaca fascicularis alias monyet ekor panjang mungkin golongan monyet paling menyebalkan di tempat wisata. Tak jarang mereka bikin kesal traveler karena mencuri benda-benda yang sedang dipakai, termasuk juga makanan dan minuman yang kita bawa.

Tapi naas bagi bayi monyet di Distrik Bang Khun Thien, Bangkok, Thailand ini. Bukannya mengobati rasa haus, kopi yang diminumnya justru mengantarkan si monyet menghadap sang malaikat maut.

Bayi ini mati setelah sempat pingsan selama kurang lebih 10 jam. Dokter hewan menduga, bayi monyet ini tewas karena overdosis kafein yang terkandung di dalam kopi yang diminumnya.

Ditelusuri detikTravel dari beberapa sumber, Selasa (28/11/2017), cerita bermula ketika bayi monyet yang lagi kehausan ini tiba-tiba melompat ke atas motor yang sedang dikendarai turis. Dalam sekejap, tangan kecilnya sudah menyambar gelas kopi yang sedang dibawa turis tadi.

Si monyet kecil tanpa bersalah langsung menenggak habis kopi yang dicurinya tadi. Malang, si monyet ini langsung jatuh pingsan begitu selesai minum kopi. Sontak monyet ini menyita perhatian traveler yang ada di sekitarnya.

Masyarakat pun memberikan pertolongan dan membawa monyet kecil ini ke dokter hewan terdekat. Dokter hewan memberikan pertolongan pertama dengan karbon dan larutan saline. Namun sepertinya tindakan ini tidak memberikan efek yang signifikan.

Setelah 10 jam tak sadarkan diri, monyet yang diperkirakan berumur 6 bulan ini akhirnya meregang nyawa. Monyet ini pun meninggal jam 03.00 pagi di keesokan harinya.

Monyet termasuk jenis primata yang cukup cerdas dalam meniru. Mungkin monyet ini meniru tingkah manusia yang asyik menyeruput kopi di sore hari. Sayang, dosis kafein di dalam kopi tidak bisa ditolerir oleh badan si monyet. Selamat jalan, monyet.