Kenangan Ustaz Solmed tentang Habib Kwitang

Tribunsumut.com-Ulama besar Sayyidil Walid al-Habib Abdurrahman bin Muhammad bin Ali al-habsyi Kwitang tutup usia. Ustaz Solmed mengenang kemuliaan Habib Kwitang sebagai ulama besar.

“Iya, tentunya kita semua merasa kehilangan atas wafatnya Habib Abdurrahman Kwitang. Banyak jasa, banyak kebaikan, banyak ilmu yang beliau torehkan terkhusus untuk masalah Jakarta dan umat Islam di Indonesia,” ujar Ustaz Solmed Selasa (16/1/2018).

Menurut Ustaz Solmed, Kwitang merupakan salah satu tempat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Secara turun-temurun, banyak dari pejabat yang datang bersilaturahmi kepada Habib Kwitang.

Kenangan Ustaz Solmed tentang Habib Kwitang
                                                          Kenangan Ustaz Solmed tentang Habib Kwitang

“Apalagi Kwitang itu kan tempat bersejarah, turun-temurun dari kakek, ayah, sampai ke beliau. Dan tentunya banyak juga pejabat, baik itu calon presiden, presiden, menteri, gubernur, yang kemudian datang bersilaturahmi dan di sana menjadi tempat silaturahmi antara ulama, umaro, dan rakyat,” kata Ustaz Solmed.

Secara pribadi, Ustaz Solmed memandang Habib Kwitang sebagai guru dan layaknya ayah baginya. Banyak ilmu yang didapatkannya saat menghadiri majelis Habib Kwitang.

“Iya, kalau saya secara pribadi karena beliau sudah sepuh, lebih pada seorang anak kepada seorang ayah, seorang guru yang dituakan. Kenangannya tentu ilmu-ilmu beliau yang kita dapatkan saat di majelis beliau itu yang tidak bisa kita lupakan,” imbuhnya.