Messi dkk Dibantai Kroasia 0 : 3

TribunSumut.com– Membutuhkan poin penuh guna mengamankan perjalanannya ke babak 16 besar Piala Dunia 2018, tim nasional Argentina justru tampil melempem menghadapi Krosia di laga kedua Grup D di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, Rusia, Jumat (22/6) dini hari WIB.

Bukannya meraih satu poin pun, Tim Tango justru harus mengakhiri pertandingan dengan kepala tertunduk dan gigit jari. Ya, Lionel Messi dkk babak belur dihajar Kroasia dengan tiga gol tanpa balas.

Setelah menuntaskan paruh pertama dengan keadaan sama kuat 0-0, Kroasia akhirnya mampu memecah kebuntuan lewat sepakan voli kaki kanan Ante Rebic pada menit ke-53. Gol tersebut tercipta menyusul kesalahan kiper Argentina, Wilfredo Caballero dalam membuang bola.

Usai kebobolan satu gol, pelatih Argentina, Jorge Sampaoli menggantikan Sergio Aguero dengan Gonzalo Higuain dengan harapan menambah daya gedor timnya. Selanjutnya, giliran Paulo Dybala masuk ke lapangan menggantikan Enzo Perez di menit 68.

Pada menit 80, gelandang Real Madrid, Luka Modric menggandakan keunggulan Kroasia. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti tidak mampu dijangkau Caballero.

Empat menit jelang waktu normal berakhir, Ivan Rakitic nyaris mengubah skor menjadi 3-0. Sayangnya, tendangan bebas pemain FC Barcelona itu masih membentur mistar gawang Caballero.

Gagal menyumbangkan gol lewat tendangan bebas, akhirnya Rakitic tetap mencatatkan namanya di papan skor. Rekan setim Messi di Barcelona itu mengoyak jala gawang Caballero di menit pertama masa injury time dari empat menit yang diberikan.

Membawa bola hingga ke depan kotak penalti, Rakitic mencoba untuk melakukan tendangan. Namun, bola masih bisa diblok Caballero ke arah kanan, yang ternyata di sana telah menanti Mateo Kovacic.

Lolos dari jebakan offside, Kovacic memberikan umpan ke Rakitic yang berada di depan mulut gawang Argentina tanpa kawalan. Tanpa kesulitan, Rakitic mengirim bola ke dalam gawang La Albiceleste.

Gol ketiga dari Rakitic itu membuat tangisan pendukung Argentina di tribun penonton semakin tak terbendung. Raut sedih tampak jelas di wajah mereka, tak terkecuali ofisial, pemain dan pelatih Argentina. Mereka semua tampak tak percaya Argentina tunduk 0-3 di pertandingan kedua.

Kekalahan ini tentunya membuat langkah Argentina untuk lolos ke fase berikutnya semakin berat. Dua pesaing lainnya, Islandia dan Nigeria baru akan memainkan pertandingan kedua pada Jumat malam.

Sementara di papan klasemen, Kroasia berada di pucuk klasemen dengan enam poin, diikuti Islandia dan Argentina, yang sama-sama mengantongi poin satu. Posisi buncit dihuni tim dari Benua Afrika, Nigeria.