Pembangunan Untuk Sirkuit Mandalika Sebesar 14 Triliun

Operator Sirkuit Internasional Mandalika, Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), mengatakan bahwa pembangunan sirkuit MotoGP tidak dapat dipisahkan dari Distrik Olahraga dan Hiburan.

Presiden direktur ITDC Abdulbar Mansoer mengatakan bahwa perusahaannya bersama Vinci Construction Grands Projets (VCGP) akan membangun sirkuit dan berbagai fasilitas di wilayah Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

“Nilai investasi untuk membangun kabupaten ini mencapai US $ 1 miliar selama 15 tahun,” kata Abdulbar kepada Tempo pekan lalu. Total investasi yang disebutnya mencapai sekitar Rp14,23 triliun.

Abdulbar menjelaskan bahwa ITDC pada awalnya akan membangun jalan sirkuit pada Oktober 2019. Kemudian, VCGP akan melanjutkan proses pengaspalan jalan berdasarkan pada Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Menurut Abdulbar, pembangunan jalan utama dan fasilitas pendukung, seperti sistem drainase dan energi serta jaringan telekomunikasi, akan memakan waktu enam hingga sembilan bulan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sirkuit Jalanan Internasional Mandalika akan menjadi tuan rumah balap motor Grand Prix atau MotoGP pada 2021. Tidak seperti sirkuit umum lainnya, konsepnya akan sirkuit jalanan, mirip dengan Sirkuit Monaco.

Baca Juga : Indonesia Menjadi Tuan Rumah Putaran MotoGP di Lombok pada 2021