Perdebatan Singgung Kasus Novel di Debat Perdana Antara Tim Prabowo Dengan Tim Jokowi

TribunSumut.Com  – Kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga berencana mengangkat isu soal penyidik KPK Novel Baswedan saat debat perdana pilpres 17 Januari 2019 mendatang.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Moeldoko justru menyinggung soal pelanggaran HAM masalah lalu yang hingga kini belum tuntas penanganannya.

“Ada pelanggaran HAM berat lain yang juga belum selesai,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Moeldoko mengatakan di masa kepemimpinan Presiden Jokowi justru relatif tidak ada pelanggaran HAM berat. Menurut dia, pelanggaran HAM berat merupakam bagian dari residu masa lalu.

“Itu udah clear, itu topik yang bisa dikembangkan kemana-kemana,” ucapnya.

Moeldoko memastikan bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin siap untuk menghadapi debat Pilpres 2019 tahap pertama.

Terkait klaim kubu Prabowo-Sandi yang unggul 3-0 dari Jokowi untuk debat pertama, Moeldoko menepisnya.

“Itu kalau pertandingan sepak bola di kampung melalui parnormal seperti itu biasanya. Jadi kita bermain pada yang realistis,” ujar mantan Panglima TNI itu.

 

Debat Tema Hukum dan HAM

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat Pilpres tahap pertama pada Kamis, 17 Januari 2019 mendatang. Ira Koesno dan Imam Priyono terpilih sebagai moderator tahap pertama debat Pilpres.

Panelis debat pertama tersisa 6 orang, yakni Prof. Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum UI), Prof. Bagir Manan (Mantan Ketua MA), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Bivitri Susanti (Ahli Tata Negara), Margarito Kamis (Ahli Tata Negara) dan unsur Pimpinan KPK.

Sementara untuk tema, debat pertama tentang Hukum, HAM, Korupsi, Terorisme, debat kedua tentang Energi dan Pangan, SDA dan lingkungan hidup, infrastruktur, debat ketiga tentang Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Kebudayaan.