Rizieq Shihab Bawa Buku Tafsir dan Kitab Untuk Untuk Persidangan

Tribunsumut.com – JAKARTA – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, dijadwalkan akan memberikan kesaksiannya pada persidangan kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Selasa (28/2/2017) hari ini.
Rizieq Shihab dipastikan hadir, dan akan membawa buku tafsir saat sidang nanti. “Insya Allah kami sudah lakukan persiapan, besok beliau bakal hadir,” kata Juru Bicara FPI, Slamet Ma’ruf.
Menurutnya, Rizieq telah melakukan persiapan khusus untuk bisa menyampaikan argumentasinya sebagai ahli agama di hadapan majelis hakim.
“Persiapannya, karena besok, kan, beliau sebagai saksi ahli. Persiapkan argumentasi-argumentasi, referensi-referensi, kitab-kitabnya, acuan-acuannya yang berhubungan dengan ahli mubalig,” katanya.
Rizieq akan membawa kitab-kitab yang dijadikannya rujukan. Kitab-kitab tersebut juga dibawa Rizieq ketika Bareskrim Polri melakukan gelar perkara kasus Ahok.
“Pas (ketika) gelar perkara saja 15 sumber rujukan. Ya, enggak berbeda dari situlah. Kemungkinan lebih banyak sumber rujukannya. Ada buku tafsir, hadis, beberapa buku pendapat ahli tafsir, pasti dibawa,” katanya.
Dalam persidangan lanjutan kasus penodaan agama, jaksa penuntut umum akan menghadirkan dua saksi ahli. Keduanya adalah ahli hukum pidana, Abdul Chair Ramadhan, dan pimpinan Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab, sebagai saksi ahli agama.
Pihak Pengadilan Negeri Jakarta Utara menyerahkan sepenuhnya pengamanan persidangan Ahok saat Habib Rizieq Shihab bersaksi kepada polisi.
“Soal pengamanan, sidang ataupun saksi itu sudah ada polisi yang mengamankannya,” kata Humas PN Jakarta Utara Hasoloan Sianturi.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, prosedur tetap pengamanan akan tetap dilakukan. Apalagi, massa yang hadir akan bertambah banyak dibandingkan sidang-sidang sebelumnya.
“Ya, hampir samalah. Kami paling penambahan personel saja,” kata Argo.
Dia mengatakan, jumlah personel yang disiagakan nantinya melihat massa yang akan hadir dalam persidangan. Jika dibutuhkan, penambahan aparat kepolisian akan diterjunkan.
“Ya, kami lihat massa yang akan datang berapa jumlahnya,” ungkapnya.
Argo enggan menyebutkan detail berapa banyak penambahan jumlah personel kepolisian yang akan diterjunkan pada sidang Ahok. Menurutnya, aparat di bawahnya siap mengamankan jalannya sidang agar berjalan lancar.
“Pokoknya cukuplah. Ya, sama saja. Pengamanannya sama saja. Cuma, kan, pasti massanya datangnya lebih banyak. Kita tambah saja personelnya,” tutur Argo.
Ahok tak Bisa Mengelak
Habib Rizieq yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum, disebut bakal membuat kesaksian yang membuktikan Ahok menodai agama Islam.
“Beliau (Habib Rizieq) ahli agama, saya pikir pernyataan beliau besok akan membuat telak untuk Ahok (menodai agama),” kata Muhammad Kapitra Ampera penasihat hukum Rizieq Shihab.
Saat ditanya soal apa keterangan yang dimaksud, Kapitra mengaku tidak bisa menduga-duga.
“Sudah ada di kepala Habib Rizieq semua, kemampuan dan kualitas beliau soal agama Islam enggak perlu diragukan. Pasti bakal telak saja, dia enggak bisa pakai jurus menolak,” katanya.
Lebih lanjut Kapitera mengatakan, dalam persidangan nanti kemungkinan adalah pertemuan pertama kali antara Habib Rizieq dengan Ahok. “Pertama kali, boleh jadi yang face to face, ya,” katanya.
Kapitera menjelaskan, tidak ada imbauan langsung dari Habib Rizieq yang meminta umat untuk datang mengawal kesaksiannya besok.

(Tribunsumut.com/alx/swh)