Tak Direstui Orangtua, Pasangan Kekasih Ini Akhirnya Menikah 39 Tahun Kemudian

TribunSumut.com– Kalau sudah cinta, apa pun yang menjadi kendala akan bisa teratasi. Usia tidak menjadi halangan untuk bersatu kembali.

Begitu juga yang terjadi pada sepasang pengantin dari Inggris ini. Mereka akhirnya bisa membina rumah tangga mesti terpisah hampir 40 tahun.

 

Cerita ala Romeo dan Juliet ini bermula dari awal tahun 1978. Alkisah, sang Romeo bernama Bill Brookman mengajak sang Juliet, Madeleine Coburn, untuk pergi ke sebuah pub.

Ketika itu Bill berusia 23 tahun dan Madeleine masih 16 tahun. Ayah Madeleine tidak memberi izin karena menganggap putrinya masih terlalu muda. Kisah cinta itu pun layu sebelum berkembang.
Berpuluh tahun Bill dan Madeleine tidak bertemu, sebelum kemudian keduanya kembali berjumpa pada 2008. Bill kembali mengajak Madeleine untuk berkencan setelah sekian lama.

Keduanya menceritakan kisah cinta mereka kepada program “The Listening Project” garapan BBC saat Bill mengajukan ajakan kedua itu.

“Takdir yang digariskan memang sangat aneh, tapi saya harus katakan 40 tahun itu layak ditunggu,” kata Bill.
Madeleine ingat saat bagaimana ia melihat Bill di sekitar Loughborough di Leicestershire, tempat mereka tinggal, saat dirinya masih kecil.
Dia berangkat sekolah bersama kakaknya, tetapi Bill tidak memperhatikannya secara khusus. Mereka lalu saling mengenal dengan lebih baik pada 1978, ketika Madeleine muda terlibat dalam drama yang disutradarai oleh Bill.

Bill mengajaknya untuk berkencan dan Madeleine mengiyakan ajakan itu. Namun, ayah Madeleine menganggap Bill “terlalu nyeni” dan tidak mengizinkannya menemui Madeleine.
“Saya kecewa, tapi begitulah hidup,” kata Bill, yang waktu itu kebingungan karena tidak tahu mengapa si gadis pujaannya membatalkan kencan.

Madeleine, seorang pakar di bidang seni dan benda bersejarah, akhirnya tidak menikah. Adapun Bill sudah memiliki dua putra dengan istri sebelumnya.
Mereka bertemu lagi sembilan tahun lalu saat berkolaborasi dalam sebuah proyek sekolah di Leicester. Empat tahun kemudian, Bill mengumpulkan keberanian untuk mengajak kencan lagi pada Madeleine.

Setelah mereka menjadi pasangan kekasih, Bill kembali mengajaknya ke pub yang dulu direncanakan menjadi tempat kencan pertama mereka.
“Ini sangat indah,” kata Madeleine.

Bill melamarnya saat percakapan mereka sedang direkam oleh BBC Radio 4. Saat itu Madeleine tidak memberikan jawaban.
Namun, produser acara meminta mereka berpose sesudahnya, saat itu calon pengantin menjawab, “Ya.”
“Bahwa kami tidak jadi berkencan saat kami masih sama-sama muda, membuat kehidupan kami penuh warna,” kata Madeleine.

“Kemudian kami saling bertemu lagi. Itu hal yang sangat istimewa yang terjadi pada kami, jadi saya pikir kami sangat beruntung.”
Produser Namrata Varia merasa terhormat karena dapat merekam lamaran pernikahan untuk pertama kalinya di program “The Listening Project”.
“Ini mengejutkan. Sejujurnya saya tidak yakin siapa yang lebih terkejut dengan hal itu, saya, Madeleine, atau Bill,” kata Varia.

Begitulah cinta.