Warga Menangkap 1 Ekor Buaya Tepi Sungai Deli ,Medan

18 Jul 2018, 09:02 WIB

Warga Menangkap 1 Ekor Buaya Tepi Sungai Deli

warga resah karena temukan 1 ekor buaya di pinggir sungai

Admin tribunsumut   Upaya warga di pinggiran Sungai Deli, Kota Medan, Sumatera Utara, untuk menangkap tiga ekor buaya yang sempat meresahkan membuahkan hasil. Seekor buaya berukuran 1 meter berhasil ditangkap sekitar pukul 14.00 WIB.

Buaya tersebut ditangkap oleh seorang warga bernama Ishak dengan cara memancingnya menggunakan umpan seekor bebek. Ishak menangkap buaya tersebut di Sungai Deli, tepatnya di Gang Nasional, Lingkungan 10, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun.

“Saya memancingnya dengan umpan seekor bebek. Setelah umpan saya lempar ke sungai, buaya itu langsung menerkamnya. Kemudian langsung saya tarik ke pinggir sungai, dan saya tangkap,” kata Ishak, Selasa (17/7/2018).

Menurut seorang warga,sebelum berhasil menangkap buaya tersebut, ia bersama warga lainnya terlebih dahulu mengintai buaya. Selama dua minggu terakhir sebelum buaya tertangkap, mereka terus menyisir pinggiran Sungai Deli yang berada di kawasan Kelurahan Sei Mati.

Dalam proses penangkapan buaya itu, warga menggunakan jaring dengan umpan hewan ternak. Mereka sempat hampir mendapatkan buaya yang sedang berenang di Sungai Deli, tetapi gagal karena hewan buas tersebut melawan.

“Pernah kami coba tangkap menggunakan jaring, tapi gagal,” ucapnya.

Ishak mengungkapkan, ia beserta warga akan terus berupaya untuk menangkap buaya lainnya yang diperkirakan ada dua ekor lagi. Pada 6 Juni 2018 lalu, warga Jalan Bahagia, Gang Usaha II, Kelurahan Suka Raja, Medan Maimun, melihat tiga ekor buaya sedang berjemur di pinggir Sungai Deli.

“Satu ekor sudah berhasil kami tangkap, dan ada dua ekor lagi. Kami terus berusaha menangkap buaya yang ada di sungai ini,” ungkapnya.

Begitu mendengar kabar adanya penangkapan buaya, warga mulai dari anak kecil hingga orang dewasa berbondong-bondong hendak melihat. Pasalnya, kabar tentang adanya buaya di Sungai Deli sangat meresahkan warga.

“Alhamdulillah satu sudah ditangkap. Kami cemas dengan adanya buaya di Sungai Deli,” ucap seorang warga bernama Ade.

Wanita paruh baya itu mengaku warga cemas dengan keberadaan buaya di Sungai Deli karena mereka sehari-hari beraktivitas di sungai tersebut. Tidak hanya itu, banyak juga anak-anak mereka yang bermain di Sungai Deli. Kami resah dengan adanya binatang buas disekitar sungai deli karena hali ini kami sedikit berhati hati jika ingin pergi ke sungai ini.

“Anak-anak kami sering bermain dan mandi di sungai, kami juga sering cuci dan mandi di sungai,” katanya.