Wow…!!! Presiden Korsel Apresiasi Sikap RI untuk Korut

Tribunsumut.com-Kedatangan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ke Indonesia juga membahas situasi di Semenanjung Korea. Presiden RI Jokowi telah menegaskan posisi Indonesia yang mendesak Korea Utara menghentikan uji coba rudal balistik.

“Saya terima kasih atas dukungan Presiden Jokowi untuk penyelesaian masalah Korea Utara secara damai, perdamaian Semenanjung Korea secara permanen,” kata Jae-in di Istana Bogor, Jl Ir H Juanda, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/11/2017).

Di bawah kepemimpinan Kim Jong-un, Korut memang kerap menguji coba rudal balistik. Selain itu, Korut sering melayangkan ancaman, terutama ke Amerika Serikat. Korsel, kata Jae-in, ingin solusi permanen dari situasi ini, sehingga dia menekan hal yang sama.

“Dan mengundang Korut ke panggung dialog denuklirisasi,” ujar Jae-in.

Ini merupakan kunjungan pertama Moon Jae-in ke Asia Tenggara selama menjabat Presiden Korsel. Indonesia dipilih sebagai negara ASEAN pertama yang dia kunjungi.

Korut memang beberapa kali menguji coba rudal balistik. Amerika Serikat menjadi negara yang paling sering diancam Korut di bawah kepemimpinan Kim Jong-un.