Malaysia Berhasil Singkirkan Thailand Dan Melaju Ke Final Piala AFF 2018

TribunSumut.Com – Timnas Malaysia melaju ke final Piala AFF 2018. Ini setelah Harimau Malaya menyingkirkan Timnas Thailand di babak semifinal lewat agresivitas gol tandang.

Setelah berimbang tanpa gol pada pertemuan pertama di Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 1 Desember lalu, Thailand dan Malaysia beradu untuk tiket partai puncak di Rajamangala Stadium, Rabu (5/12/2018) malam WIB ini.

Thailand tampil agresif dengan membuat total 11 attempts berbanding Malaysia yang cuma bikin lima attempts. Tapi, hanya tiga yang mengarah ke gawang dari Thailand sementara Malaysia lebih efektif dengan tiga on target.

Tuan rumah unggul duluan pada menit ke-21 setelah Irfan Zakaria menjebol gawangnya sendiri. Sundulan Thitipan Puangchan yang sebenarnya tak menuju ke gawang malah berubah arah setelah membentur Irfan.

Tapi, Malaysia langsung membalas pada menit ke-28 lewat sepakan jarak jauh Syahmi Safari yang tak bisa dihalau kipert Thailand Chatchai Budprom. Skor 1-1 dan bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Thailand unggul lagi pada menit ke-63 ketika free kick Sumanya Purisai yang sempat menyentuh bahu Adisak Kraisorn membentur mistar gawang. Bola muntah lantas disambar Pansa Hemviboon untuk membuat skor jadi 2-1.

Malaysia enggan menyerah meski dalam kondisi tertinggal dan mereka terus mencari celah untuk mencetak gol balasan. Gol itu akhirnya didapat pada menit ke-71 lewat striker seniornya, Norshahrul Idlan Talaha yang lepas dari kawalan lawan usai membalikkan badan dan menembak ke gawang tanpa bisa dihalau Chatchai.

Skor 2-2 bakal mengirim Malaysia ke babak final karena unggul agregat gol tandang sebelum Thailand memperoleh harapan lolos usai dihadiahi penalti di menit keempat masa injury time. Sayangnya, Adisak yang maju jadi eksekutor gagal karena sepakannya melayang di atas mistar.

Malaysia pun bersorak karena itu adalah tendangan terakhir di laga itu dan tiket ke final berhasil diambil. Ini jadi final pertama negara itu setelah terakhir kali 2014 dan akan mencoba meraih titel Piala AFF kedua setelah 2010.

Leg pertama final akan dihelat pada 11 Desember dengan Malaysia jadi tuan rumah. Lawannya antara Filipina atau Vietnam yang masih memainkan leg keduanya besok. Saat ini Vietnam mengantungi kemenangan 2-1.