Megawati Ingin Minta Pensiun Tetapi Sampai Sekarang Belum Diganti

ribunTSumut.com – Sudah Ingin Pensiun Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri heran tak ada yang menggantikan dirinya sebagai pimpinan partai. Padahal, dia menyatakan sudah ingin pensiun dari dunia politik.

“Saya jadi ketum partai yang paling senior. Sudah sekian lama belum diganti-ganti, padahal saya sudah lama berharap diganti, karena umur saya yang sudah plus 17,” kata Megawati saat mengisi sekolah kepartaian di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).

Sebagai politikus perempuan paling senior, Megawati merasa kesepian. Apalagi jumlah keikutsertaan perempuan dalam politik masih rendah. Bahkan, di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di mana dia menjabat sebagai ketua dewan pengarah, Megawati satu-satunya perempuan.

“Mulai saya hitung, perempuannya ada berapa, ya. Biasanya justru saya lalu tahu bahwa saya the only one perempuan yang ada. Jadi, saya makin hari makin kesal pada diri saya sendiri, apa salahnya dengan saya dan perempuan Indonesia? Mengapa mereka ini tidak mau jadi tokoh politik seperti saya,” tanya Megawati.

Dia pun tidak menyangka karier politiknya sangat panjang. Bahkan, telah memuncaki posisi politik tertinggi sebagai Presiden Kelima RI. Saat ini pun dia disebut sebagai tokoh nasional.

“Karena kalau saya lihat negara kita yang sekarang berumur 73 tahun itu mengapa tidak semaju seperti negara-negara yang dulunya mungkin masih di belakang Indonesia,” ucap Megawati.

Di sisi lain, Megawati juga curhat soal isu komunis yang masih dimunculkan di tahun politik. Dia mengaku masih ada saja orang-orang yang menuduhnya sebagai anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) yang telah dilarang.

Tuduhan selalu muncul ketika Presiden ke-5 RI itu membicarakan tentang Tiongkok. Bicara sedikit saja langsung dianggap komunis.

“Kalau saya bicara yang namanya Tiongkok, saya selalu dikatakan Bu Mega orang PKI,” ujar Megawati.