Pengusaha hingga Politikus Pernah ke Gua Langse Temui Mbah Kijem, Siapa saja?

Tribunsumut.com, Sakijem (62) mengaku sudah 48 tahun menghuni Gua Langse, Gunungkidul, DIY. Dia punya banyak pengalaman, bertemu dengan pejabat hingga pengusaha yang ngalap (mencari) berkah. Siapa saja mereka?

“Ada juga tentara dan polisi,” kata Mbah Kijem, panggilan akrab Sakijem.

Mbah Kijem bercerita dengan bahasa Jawa Krama Inggil saat detikcom berkunjung ke Gua Langse yang terletak di Dusun Gabuk, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada awal Oktober 2016 lalu.

 

Gua Langse Mbah Kijem
                                                         Tribunsumut.com /Gua Langse Mbah Kijem

Soal siapa saja yang mendatangi gua yang letaknya di tebing dan menghadap langsung ke laut pantai Selatan ini, Mbah Kijem mengaku ada banyak sekali namun dia tak ingat siapa saja nama mereka.

“Mulai dari pengusaha, politisi yang ingin maju pemilihan (pilkada),” katanya. .

Gua ini ramai pengunjung saat bulan Sura pada penanggalan Jawa. Berbagai ritual dan kegiatan spiritual dijalankan. Ada yang menyembelih kambing, kemudian dimasak.

“Lalu dimakan bersama-sama di gua ini. Sama kalau ada yang keinginannya terkabul juga syukuran di sini,” tutur Mbah Kijem.

Mbah Kijem dipercaya sejumlah orang memiliki nilai spiritual yang tinggi. Tak jarang pengunjung menganggap Sakijem orang sakti. Namun dia menampik bisa meramal.

“Ya saya hanya bilang nggak bisa sambil tertawa biasanya,” imbuhnya santai.

Mbah Kijem mengaku akan tetap hidup di gua. Keluarganya pernah meminta ia pulang, namun ia menolak karena merasa mendapatkan ketenangan hidup di gua yang menghadap langsung ke Pantai Selatan Jawa ini.