Tax Amnesty Sukses Berkat Jokowi Turun Tangan

TribunSumut.com – Program Tax Amnesty atau yang lebih dikenal sebagai pengampunan pajak di indonesia baru saja berakhir pekan kemarin. program ini di mata beberapa negara tetangga di nilai sukses.

menurut John Hutagoal, awalnya Tax Amnesty ini gelar pada bulan juli 2016. pada awalnya banak masyarakat yang ragu akan keberhasilan proggram tersebut.

Namun, setelah beberapa perubahan dan pelonggaran terjadi serta dukungan dari berbagai pihak terkait seperti Stakeholder, OJK dan lembaga perbankan lainnya membuat program ini akhirnya berhasil diterima oleh masyarakat indonesia.

keberhasilan prgram ini tidak terlepas dari keikutsertaaan Presiden Jokowi yang langsung turun tangan dan mengundang partisipasi masyarakat. Menteri Keuangan, Sri Mulyani juga ikut mengundang maysarakat dan berusaha meyakinkan masyarakat bahwa program ini sangat mendukung kemajuan indonesia nantinya.

Selain itu, John Hutagaol juga mengutarakan bahwa kesadara masyarakat indonesia untuk melaporkan harta mereka lah yang membuat program ini dapat berjalan dengan lancar.

“Semua pihak bahu-membahu untuk mensukseskan program ini, perguruan tinggi juga, bahkan kelompok-kelompok arisan ibu-ibu ikutan, di restoran, warung juga bicara tax amnesty, waktu itu lagi ngobrol di warung ada yang ngomong sudah selesai nih masalah gua tentang tax amnesty,” kata John.

“Saya yakin akan semakin worth it karena semakin mengental dan masyarakat menjadi yakin bahwa masyarakat itu bisa menyelesaikan masalahanya di masalah lalu. Kalau kita lihat ini adalah program pertaubatan di bidang perpajakan, dari bayar 2% dari tambahan harta berarti kita sudah menyelesaikan masalah pajak kita masa lalu, dengan ikut TA itu kompleksitas ketidakpatuhan kita di masa lalu itu bisa lakukan,” ujar John.